tanda tanda akan melahirkan
Family Informasi

Tanda Tanda Akan Melahirkan Semakin Dekat yang Perlu Anda Ketahui

Resimdizin – Banyak ibu hamil, terlebih yang baru mengalami kehamilan pertama sering bertanya-tanya dan merasa cemas mengenai berbagai tanda akan melahirkan. Bunda mungkin merasa kesulitan untuk membedakan tanda tanda akan melahirkan semakin dekat.

Namun jangan khawatir, sebab sebenarnya tubuh anda akan menunjukkan berbagai kondisi yang menjadi tanda bahwa proses persalinan anda akan segera dimulai. Lantas, apa saja tanda-tanda tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Tanda Tanda Akan Melahirkan Semakin Dekat

tanda tanda akan melahirkan

1. Perubahan Posisi Bayi

Salah satu tanda waktu persalinan semakin dekat yakni perubahan posisi bayi yang menjadi lebih dekat menuju jalur lahir. Ketika mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir), umumnya bayi akan mengatur posisi mereka dengan kepala di bagian bawah serta dekat dengan bagian panggul ibu.

2. Perubahan Leher Rahim

Leher rahim ibu pastinya mengalami perubahan ketika mendekati masa persalinan. Leher rahim secara perlahan akan melebar dan lebih terbuka. Disamping itu, leher rahim juga mengalami penipisan pada minggu-minggu menjelang masa persalinan.

Pada waktu ini, umumnya dokter kandungan mulai memeriksa pembukaan pada ibu yang mungkin terjadi di leher rahim. Akan tetapi, perubahan ini terjadi secara berbeda pada masing-masing ibu hamil.

3. Terasa Nyeri yang Cukup Menyiksa

Walaupun ibu hamil sudah hafal dengan rasa kram dan nyeri, namun ketika mendekati masa persalinan rasa nyeri tersebut semakin terasa. Bahkan bagi ibu hamil yang pernah mengalami persalinan sebelumnya bisa merasakan nyeri yang lebih di sekitar selangkangan dan punggung bawah.

Tanda tanda akan melahirkan semakin dekat ini terjadi karena persendian dan otot yang menegang dan bergeser ketika menjelang masa persalinan.

4. Sendi Terasa Lebih Longgar

Menjelang masa persalinan, sendi akan terasa longgar dan rileks. Ini karena adanya pengaruh hormon relaxin yang menjadikan ligamen mengendur. Kondisi ini merupakan cara alami tubuh ibu untuk membuka panggul lebih besar supaya proses persalinan dapat segera berlangsung.

Demikian ulasan mengenai tanda tanda akan melahirkan semakin dekat yang sebaiknya anda ketahui terutama ibu yang sedang harap-harap cemas menunggu waktu melahirkan. Pastikan untuk tetap tenang menunggu HPL anda agar kesehatan anda dan bayi dalam kandungan bisa selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *