cara bayar pajak mobil online
Informasi Otomotif Tips dan Trik

Mudahnya Bayar Pajak Mobil Secara Online

Resimdizin – Bayar pajak kendaraan saat ini sudah jauh lebih mudah, karena anda tidak diharuskan lagi untuk datang langsung ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau bisa disingkat Samsat. Kemajuan di era digital ini memang benar- benar sangat membantu kita untuk melakukan pembayaran pajak untuk motor dan juga mobil. Sekarang semuanya sudah jadi serba digital.

Fasilitas yang satu ini memang baru ada di tahun 2020, salah satu penyebabnya adalah adanya pandemic dari virus covid 19 di Indonesia. Pada saat awal pandemic semua pembayaran pajak kendaraan ini jadi terganggu karena orang tidak bisa langsung datang ke kantor. Tapi tenang saat ini pembayarannya sudah bisa dibayar secara online. Yuk langsung kita simak cara bayar pajak mobil online yang bisa Anda ikuti:

cara bayar pajak mobil online

  • Anda harus mengunduh sebuah aplikasi di smartphone Anda namanya Samolnas, aplikasi ini bisa di download di Appstore atau di Playstore.
  • Jika aplikasinya sudah terinstal di smartphone Anda selanjuta Anda lakukan pendaftaran untuk membuat akun.
  • Jika sudah selesai membuat akun Anda ini harus mengisikan semua data yang dibutuhkan didalam kolom yang sudah disediakan, data tersebut diantaranya ada :
  • Nomor Polisi Kendaraan
  • NIK
  • Lima nomor terakhir yang ada di rangka kendaraan
  • Pastiakan semua data tersebut di isi dengan benar, jika Anda merasa semua data yang Anda masukan sudah benar Anda bisa masuk ketahap selanjutnya dengan mengklik lanjutkan.
  • Jika sudah maka Anda tunggu hingga sistem memproses data yang Anda butuhkan, biasanya proses ini membutuhkan waktu kurang lebih selama satu menit.
  • Jika prosesnya sudah selesai maka akan muncul data kendaraan mobil Anda yang akan di bayar pajaknya, di halaman tersebut juga Anda sudah bisa tahu secara langsung berapa besar pajak yang harus Anda bayar.
  • Jika sudah cek lagi dengan benar apa datanya sudah sesuai, jika sudak Anda bisa melakukan pembayaran. Untuk bisa melanjutkan ke proses pembayaran Anda ini akan mendapat kode bayar dari aplikasi, kode ini hanya bisa digunakan selama 2 jam saja. Jadi jika sudah mendapat kode segera lakukan proses pembayaran.
  • Proses pembayaran Anda ini bisa Anda lakukan denga berbagai bak dan juga cara pembayaran lainnya, anda ini biasanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5.000 untuk tiap transaksinya.

Setelah semua proses ini Anda lalui akan Anda akan mendapatkan e-Pengesahan STNK dan e-TBPKB, surat- surat tersebut berlaku selama 30 hari. Anda ini akan mendapatkan TBPKB/SKPD serta sticket yang berguna untuk mengesahkankan STNK yang dikirim langsung ke rumah menggunakan jasa ekspedisi.

Bagi Anda yang alamat rumahnya tidak sesuai dengan alamat yang tertulis di STNK Anda ini harus melakukan konfirmasi langsung ke call center Samsat setempat. Untuk proses pengirimannya sendiri akan memaakan waktu biasanya 7 hari.

Harus Anda perhatikan jika cara yang di jelaskan ini hanya bisa Anda lakukan jika Anda hanya ingin memperpanjang STNK tahunan saja. Pembayaran secara online juga hanya bisa membayar keterlambatan dibawah 1 tahun. proses  pembayarannya ini bisa untuk berbagai bank yang sudah bekerja sama dengan samsat diantaranya ada BCA, Mandiri, BNI, Permata Bank, CIMB Niaga, BTN, atau bisa juga melalui e-commerce yaitu Tokopedia. Jika cara yang sudah di jelaskan di atas masih memiliki kendala Anda ini bisa langsung menghubungi call center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *