mixer
Informasi Lifestyle

Mengenal Lebih Jauh Jenis Jenis Mixer

Resimdizin – Kalau Anda gemar membuat roti atau kue tentu saja pasti familiar dan tidak lepas dari yang namanya mixer. Benda ini sangat penting karena selain dapat digunakan untuk mengaduk adonan, benda ini juga dapat untuk mengocok telur, susu, roti, dan bahan lainnya. Tahukah Anda bahwa terdapat berbagai jenis mixer dengan fungsi yang berbeda beda?.

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat berbagai jenis mixer dengan fungsi yang berbeda beda. Maka dari itu agar lebih mengenal benda yang sering membantu kita dalam membuat adonan, akan kami berikan sedikit informasi mengenai sejarah mixer serta jenis dan fungsinya apa saja. Simak terus tulisan ini sampai selesai.

mixer

Bagaimana Sejarah Mixer ini ?

Sejarah munculnya mixer ini berawal dari seorang insinyur yang bernama Harbert Johnson yang bekerja pada sebuah perusahaan manufaktur pada tahun 1908 yang menciptakan mixer listrik. Ide membuat mixer tercetus ketika melihat adonan roti yang di aduk menggunakan sendok logam.

Setelah pengamatan selama 7 tahun akhirnya ia berhasil menciptakan mixer dengan kapasitas 80 liter. Dari situ muncul lah inovasi inovasi dan berbagai jenis mixer sesuai dengan kebutuhan dalam pembuatan roti dan kue. Hingga saat ini kita bisa menemukan berbagai jenis mixer dengan berbagai fungsi yang berbeda yang di jual di pasaran.

Berbagai Jenis Mixer Yang Di Jual Di Pasaran

Setelah mengetahui bagaimana asal mula dan sejarah alat mixer tersebut, selanjutnya kita lanjut ke pembahasan apa saja jenis mixer yang banyak di jual di pasaran saat ini. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini ada berbagai jenis alat pengaduk dengan fungsi dan bentuk yang bermacam macam. Berikut penjelasan singkatnya

Whisk untuk adonan jumlah kecil

Jenis mixer ini biasa digunakan untuk membuat adonan dalam jumlah yang kecil. Mixer jenis ini biasa terbuat dari bahan kawat tebal namun fleksibel dan berbentuk seperti balon udara. Biasanya mixer jenis ini digunakan untuk mengocok telur atau krim ringan dalam jumlah yang sedikit.

Hand Mixer

Biasanya ini yang sering di pakai ibu ibu rumah tangga sebab ukurannya yang kecil dan pas dipegang di tangang. Dibandingkan stand mixer, hand mixer ini lebih praktis dan fleksibel juga ringkas. Kekurangannya jika mengaduk terlalu lama tentu saja tangan akan terasa pegal.

Stand Mixer

Ini adalah inovasi dari hand mixer yang sudah kita bahas sebelumnya. Untuk menjawab kekurangan hand mixer, stand mixer ini mampu mengaduk dan mengadon tanpa kita pegang dan bisa kita tinggal sambal mengerjakan pekerjaan yang lain.

Dough mixer

Mesin ini banyak digunakan untuk membuat adonan yang keras menjadi lebib halus. Mesin ini juga banyak digunakan untuk membuat mie ataupun kulit pangsit.

Spiral Mixer

Alat mixer ini banyak digunakan untuk membuat adonan roti. Kelebihan dari alat ini yaitu memiliki sistem ganda dimana tidak hanya beaternya yang berputar namun juga wadahnya ikut berputar berlawanan arah sehingga menghasilkan adonan yang tadinya keras menjadi lebih halus.

Itulah beberapa jenis mixer yang ada dipasaran saat ini, berbagai bentuk dan fungsi dari mixer ini dapat Anda temukan baik di toko online maupun offline dengan harga yang bervariasi. Semoga tulisan diatas dapat membantu menambah refrensi mengenai berbagai jenis mixer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *