paracetamol ibuprofen
Informasi Kesehatan

Apa Itu Paracetamol Ibuprofen? Yuk simak perbedaannya

Resimdizin – Mungkin dari Anda sering mendengar paracetamol ibuprofen, namun apakah Anda mengetahui perbedaan kedua obat tersebut? Pada dasarnya obat-obat ini untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam. Ada banyak pilihan merek dan sangat mudah Anda temukan pada apotek terdekat, sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Meskipun mempunyai kesamaan, tetapi keduanya memiliki perbedaan. Ada beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui terkait obat tersebut. Karena jika terjadi penggunaan yang tidak sesuai akan berpotensi terhadap munculnya efek samping. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaannya dari paracetamol dan ibuprofen, yuk simak pembahasannya.

Perbedaan Ibuprofen dan Paracetamol

paracetamol ibuprofen

Penjelasan Paracetamol

Obat ini termasuk dalam analgesik atau pereda nyeri yang memiliki manfaat untuk meredakan atau meringankan rasa sakit dan nyeri, terutama untuk yang mengalami sakit gigi, sakit kepala, sakit punggung, terkilir, dan menstruasi. Tidak hanya itu saja, obat ini juga berfungsi untuk menurunkan demam tinggi pada beberapa orang.

Untuk tingkat keamanan konsumsinya obat ini termasuk aman untuk digunakan semua orang, termasuk orang hamil dan ibu yang menyusui. Tetapi, untuk kebutuhan anak-anak ada batas usia yang harus diperhatikan, minimal sudah masuk umur dua bulan atau lebih. Untuk takaran dosisnya lebih baik Anda konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Ada beberapa efek samping yang ditimbulkan apabila Anda konsumsi paracetamol yang tentunya ini lumrah terjadi. Beberapa efeknya mulai dari mual, muntah-muntah, sembelit, alergi, dan tidak jarang yang mengalami sakit kepala. Namun terkadang ada efek samping yang begitu berat, salah satunya terjadi penurun tekanan darah, sesak nafas, dan detak jantung cepat.

Jika terjadi persoalan tersebut, maka perlu untuk datang ke pelayanan kesehatan atau dokter terdekat dengan Anda untuk penanganan lebih tepat.

Penjelasan Ibuprofen

Setelah memahami mengenai paracetamol, maka selanjutnya untuk lebih mengenal terhadap ibuprofen yang ada. Obat jenis ini termasuk dalam antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang kebutuhannya hampir sama seperti paracetamol. Namun perbedaannya terdapat pada mengatasi peradangan, ibuprofen bermanfaat untuk pengobatan tersebut.

Dalam obat ini terdapat kandungan untuk menghambat terjadinya produksi terhadap zat yang memicu radang di tubuh. Ibuprofen termasuk aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa ketika sedang membutuhkannya. Tetapi, untuk ibu hamil tidak disarankan, karena akan berisiko dan memunculkan gangguan kesehatan atau cacat pada janin.

Hal ini juga termasuk pada ibu menyusui, karena kandungan obatnya masuk dalam ASI. oleh karena itu penting konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakannya. Mengenai anak-anak pun obat ini ada batasan usianya dan hanya boleh diberikan kepada bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan ke atas. Jika kurang dari umur yang ditentukan harus melalui pengawasan ketat dari dokter.

Obat ini memiliki efek samping untuk penggunaannya, mulai dari gangguan pada pencernaan, nafsu makan berkurang, ruam, alergi, sakit kepala, dan mengalami gagal ginjal. Untuk pengoptimalan penggunaannya dan mengurangi gejala lainnya lebih aman dikonsumsi setelah Anda makan.

Memilih Antara Paracetamol atau Ibuprofen

Berdasarkan penjelasan diatas Anda harus menentukan kebutuhannya terlebih dahulu, apabila Anda tidak ingin mengalami gangguan pencernaan lebih baik menggunakan paracetamol. Namun, jika terjadi nyeri yang disebabkan oleh peradangan mungkin Anda bisa mencoba ibuprofen.

Untuk informasi dan penjelasan lebih lengkapnya, lebih baik Anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum membelinya. Obat paracetamol ibuprofen ini bisa Anda dapatkan melalui e-commerce Blibli dan dapatkan penawaran harga terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *