cara mengatasi perut kembung pada bayi
Family Parenting Tips dan Trik

6 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Lebih Mudah dan Aman

Resimdizin – Kondisi perut bayi menjadi satu sumber utama dalam proses penyerapan nutrisi. Namun, kondisi dan cara mengatasi perut kembung pada bayi saat ini masih diperhitungkan untuk bisa diterapkan kapan saja. Karena itu, kondisi perut kembung bukan hal sepele sehingga harus cepat mendapat penanganan.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Hingga saat ini kondisi perut kembung pada bayi masih sering terlihat dengan ciri  perut membuncit. Untuk itu, dalam mengatasi masalah medis meteorismus ini harus dilakukan langkah cepat seperti berikut.

cara mengatasi perut kembung pada bayi

1. Berikan Susu Memakai Puting

Cara sederhana untuk mengurangi kondisi perut kembung pada bayi adalah memberi susu memakai puting. Dari metode ini, pemberian susu dari puting wajib dilakukan secara rutin untuk mengurangi kondisi perut kembung pada bayi.

2. Berikan Susu Untuk Membuat Bayi Bersendawa

Pemberian susu bisa dilakukan dengan tujuan untuk membuat bayi bersendawa. Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini terbilang mudah. Sehingga ada beberapa langkah membuat bayi bersendawa dan cobalah membaringkan anak selama beberapa menit untuk bisa bersendawa.

3. Lakukan Pemijatan Secara Lembut

Selain diberi asupan susu, Anda dapat memijat bayi secara lembut. Tujuannya untuk mengurangi kondisi perut kembung dan membuat bayi bersendawa. Langkah memijat bayi terbilang mudah, baringkan bayu kemudian gerakan kakinya ke arah depan kemudian belakang seperti sedang mengendarai sepeda.

4. Mencampurkan ASI Bersama Susu Formula

Langkah ini terbilang penting dan bisa Anda coba yakni mencampurkan susu formula dengan ASI. Pastikan dahulu dari kualitas susu formula mampu memberi manfaat untuk menjadi obat pada kondisi perut kembung pada bayi. Cara ini terbilang efektif dan manfaatnya sudah bisa dirasakan dalam durasi lebih cepat.

5. Mengusap Punggung Bayi Memakai Minyak Hangat

Untuk metode menghilangkan kondisi perut kembung pada bayi bisa dengan memijat bagian punggung memakai minyak hangat. Dalam hal ini Anda harus memperhitungkan dari sisi proses memijat secara perlahan ditambah kualitas minyak hangat yang Anda gunakan.

6. Memandikan Bayi Memakai Air Hangat

Cukup penting dimana kondisi perut bayi kembung bisa disembuhkan dengan cara memandikannya dengan air hangat. Dalam hal ini Anda dapat melakukannya secara hati-hati untuk mengurangi kadar gas di perut si kecil.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi cukup mudah bukan dengan memanfaatkan semua metode sederhana di atas. Namun, jika kondisi perut bayi masih tetap kembung dalam jangka beberapa hari cobalah cek ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *