Categories
Uncategorized

Tanaman Rambat Hias, Terasa Seperti di Negeri Dongeng

Hijau alami dengan aneka warna bunga, tanaman rambat hias punya cara tersendiri membuat tampilan rumah lebih menawan bak dongeng. Tidak jarang gedung-gedung komersial seperti gedung perkantoran atau kafe cantik hanya mengandalkan tanaman rambat hias sebagai nilai tambah estetika interior.

Tanaman Morning glory

Seindah namanya, jenis tanaman rambat hias ini memiliki keindahan tersendiri dengan bakat romantis dan pedesaan. Dengan kelopak bunga yang umumnya berwarna biru keunguan, angin tumbuh dan berkembang biak dengan deras hampir sepanjang tahun. Sesuaikan perawatan agar tanaman rambat hias yang agresif ini dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman Rambat Hias, Terasa Seperti di Negeri Dongeng

Menanam tanaman bindweed bisa dimulai dari pembibitan indoor maupun outdoor selama 4-6 minggu. Kemudian taburkan di area halaman depan yang mendapat banyak sinar matahari agar tanaman hias ini dapat mekar dengan sempurna.

2. Bugenvil

Orang Indonesia yang juga dikenal dengan ejaan Bougenville mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman rambat hias ini. Bougainvillea telah berhasil menjadi tanaman dekorasi rumah dan juga tanaman perbatasan yang indah.

Tanaman rambat Bougenville hias juga memiliki kemampuan yang unik, yaitu daunnya yang langsung menghanguskan diri pada saat berbunga. Pemandangan rumah otomatis menjadi lebih asri dengan didominasi warna merah yang memanjakan mata.

Tanaman rambat hias ini cocok tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia karena membutuhkan sinar matahari yang intens. Bugenvil cukup disiram, dipupuk, dan dipotong sesuai untuk mempercantik beranda Anda.

3. Air mata kedua mempelai

Varietas anggur hias dengan tampilan cantik dan pink lembut ini adalah jenis Antigonon Leptotus di Indonesia. Berasal dari Meksiko dan dibesarkan di seluruh dunia, asal muasal benih ini di Indonesia konon berasal dari zaman penjajahan Belanda.

Tanaman rambat hias ini memiliki ciri khas bunga berwarna merah muda dan dapat tumbuh dengan sangat cepat, sehingga dapat digolongkan sebagai tumbuhan gulma. Mereka juga dapat beradaptasi dengan habitat yang berbeda, dari daerah pemukiman hingga tumbuh liar di tebing pantai atau hutan dataran rendah.

4. Bunga kuku macan

Dikenal sebagai anggrek Irian yang cantik, tanaman rambat hias ini memiliki bunga seperti nyala api berwarna merah menyala. Dengan warna merah yang kontras di samping daun hijau yang ukurannya hampir sama dengan kelopaknya, tanaman rambat hias ini siap untuk menaungi pergola atau atap depan.

Tanaman rambat hias ini merupakan salah satu tanaman endemik di pulau Papua. Tanaman cantik yang dikenal dengan nama api Irian ini tumbuh optimal pada suhu panas hingga 35 derajat Celcius dan dapat berbunga tiga hingga lima kali dalam sebulan.

5. TanamanLee Kuan Yew

Banyak yang mengenalnya sebagai tanaman Lee Kuan Yew alias bapak pendiri Singapura. Sebutan ini cocok untuk tanaman hias hijau karena merupakan simbol dari proyek pembangunan ramah lingkungan yang ia dirikan pada tahun 1976.

Tanaman rambat hias ini telah berhasil menghiasi eksterior properti komunitas dan dibuat untuk menghiasi taman vertikal, ruang publik, dan rumah pribadi. Dengan batang yang bisa menjorok hingga 3 meter, tanaman rambat hias ini menawarkan kesan teduh namun rapi asalkan perawatannya dilakukan secara rutin, meski hanya di permukaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *